Intip Tips Money Management yang Baik biar tetep bisa Investasi Saham

Tips Money Management yang Baik biar tetep bisa Investasi Saham

Keuntungan yang didapatkan dari investasi saham memang cukup menggiurkan. Namun, dalam berinvestasi Anda juga harus memiliki strategi yang tepat agar mendapatkan return atau imbal hasil yang banyak. Miliki investasi saham yang mempunyai layanan pembiayaan dengan fee yang kompetitif serta mempunyai kelas investasi gratis yang bisa Anda temukan di https://www.most.co.id/saham . Salah satu strategi yang digunakan adalah  strategi money management, seperti apakah strategi tersebut? Simak penjelasannya di bawah ini.

Tips Money Management

Money management adalah cara pengaturan dana yang berhubungan dengan tabungan, anggaran, pengeluaran, dan penggunaan modal yang asalnya dari individu ataupun kelompok. Sebagai investor, strategi ini sangat membantu Anda mengatur dana agar tidak habis untuk sesuatu yang tidak jelas. Berikut tips money management yang perlu Anda tahu.

1. Jangan Gunakan Dana Darurat untuk Investasi

Investasi memang bisa memberikan keuntungan yang besar, tetapi memiliki resiko kerugian yang besar juga. Maka dari itu, Anda tidak boleh menggunakan dana darurat untuk berinvestasi, lebih baik gunakan saja dana tidak terpakai.

2.              Pahami Tujuan Berinvestasi

Sebagai investor, Anda juga perlu paham tujuan yang ingin dicapai saat Anda berinvestasi. Tujuan investasi yang jelas membuat Anda bisa memperkirakan besarnya imbal hasil yang akan didapatkan dalam jangka waktu tertentu.

3.              Gunakan Dana Dalam Portofolio yang Berbeda

Setiap portofolio memiliki keuntungan dan resiko kerugian yang berbeda-beda, maka dari itu, jika Anda mendapatkan imbal hasil yang bagus dari satu portofolio, bukan berarti Anda langsung memasukan sejumlah dana yang lebih banyak agar keuntungannya lebih tinggi.

4.              Cari Tahu Resiko dan Return yang Jelas

Dalam berinvestasi, Anda juga perlu tahu sampai sejauh mana Anda bisa menerima resiko kerugian, saat posisi loss lebih baik segera keluar dari pasar saham agar tidak mengalami kerugian yang lebih besar. Investor juga perlu tahu seberapa besar imbal hasil yang didapatkan jika imbal hasil tersebut dibandingkan dengan resiko yang ada, apakah lebih besar atau lebih kecil.

5.              Buat Rencana Investasi

Sebagai investor, Anda juga perlu membuat rencana investasi yang matang, rencana ini disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing investor, dana yang dimiliki, dan tujuan berinvestasi.

Itulah beberapa tips money management yang perlu Anda ketahui agar Anda bisa tetap melakukan investasi saham. Bagi anda yang ingin berinvestasi di reksa dana, saat ini MOST juga menyediakan produk investasi reksa dana yang murah bisa dibeli mulai dari Rp 10.000 dan bebas pajak di https://www.most.co.id/reksa-dana .

Leave a Reply

Your email address will not be published.