Pilih Mana? Pemanas Air Listrik VS Pemanas Air Tenaga Surya. Yuk, Simak Kekurangan dan Kelebihannya!

Di masa yang sudah modern dan serba canggih ini, pemanas air adalah salah satu alat yang tidak asing. Anda bisa menemukannya dengan mudah di kamar mandi rumah – rumah. Berbeda dengan dulu, yang hanya mudah ditemukan di hotel atau tempat penginapan berkelas saja. Anda bahkan bisa memasang alat tersebut di rumah Anda. Bila Anda mencari macam-macam pemanas air untuk rumah atau tempat Anda bisa ditemukan di https://pemanasairindonesia.com/ 

Simaklah ulasan berikut mengenai kekurangan dan kelebihan antara alat pemanas bertenaga listrik dan bertenaga surya. Agar Anda bisa lebih matang untuk memutuskan mana yang terbaik dan cocok dipasang di rumah.

Kelebihan dan Kekurangan Pemanas Air Listrik

Istilah water heater listrik sering digunakan untuk menyebutnya. Alat pemanas air yang satu ini menggunakan listrik sebagai sumber energi utamanya dalam menghasilkan panas. Adapun beberapa kelebihannya berikut :

1.              Alat yang dapat menghasilkan panas dengan stabil tanpa adanya gangguan.

2.              Penggunaannya sangat praktis jika dibandingkan dengan jenis pemanas yang lain.

3.              Cuaca tidak akan mempengaruhi panas yang dihasilkan.

4.              Tidak perlu repot mengganti gas karena listrik menjadi sumber utamanya, dan listrik selalu siap digunakan, kecuali saat adanya pemadaman.

Sedangkan kekurangannya ialah berikut ini :

1.              Pemborosan tenaga listrik dapat terjadi untuk menjaga suhu cadangan air tetap panas dengan menghidupkan pemanas.

2.              Biasanya ketersediaan cadangan air panas cukup terbatas, karena bergantung pada tanki air yang digunakan.

Pemanas Air Tenaga Surya Memiliki Kelebihan dan Kekurangan Berikut!

Setelah Anda mengetahui kelebihan dan kekurangan pemanas jenis listrik, maka Anda juga harus menyimak ulasan berikut. Pertama ialah ulasan mengenai kelebihan pemanas air berjenis tenaga surya. Adapun beberapa kelebihannya berikut :

1.              Sangat hemat energi, karena sinar matahari adalah tenaga yang terbarukan.

2.              Jauh lebih aman digunakan, karena terjadinya konsleting akan sangat minim.

3.              Ramah lingkungan, sinar matahari adalah bahan alami yang tidak menyebabkan polusi atau dapat menyebarkan racun pada alam.

4.              Memiliki masa pemakaian yang lama, yaitu sekitar 7 hingga 15 tahun pemakaian.

Tapi, alat pemanas dengan tenaga surya ini memiliki dua kekurangan, yaitu :

1.              Kondisi cuaca menjadi penentu suhu yang dihasilkan.

2.              Memerlukan tempat yang cukup lega dan aman untuk meletakkan alatnya.


Anda bisa menyimpulkan sendiri, mana pemanas air yang cocok untuk keperluan Anda. Dan pastinya aman digunakan serta sesuai kondisi tempat tinggal Anda saat ini. Cari tau cara kerja serta jenis pemanas air tenaga surya di : https://pemanasairindonesia.com/pemanas-air-tenaga-matahari/

Leave a Reply

Your email address will not be published.